Dinamika Penduduk : Sebab dan Akibat


Pertumbuhan penduduk adalah merupakan keseimbangan yang dinarnis antara kekuatan-kekuatan yang menambah dan kekuatan-kekuatan yang mengurangi jumlah penduduk. Secara terus­menerus penduduk akan dipengaruhi oleh jumlah bayi yang lahir (menambah jumlah penduduk), tetapi secara bersamaan pula akan dikurangi oleh jumlah kematian yang terjadi pada semua golongan umur. Sementara itu migrasi juga berperan: imigran (pendatang) akan menambah dan emigran akan mengurangi jumlah penduduk.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan penduduk diakibatkan oleh 4 komponen yaitu: kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas), in-migration (migrasi masuk) dan out-migration (migrasi keluar). Selisih antara kelahiran dan kematian disebut reproductive change (perubahan reproduktif) atau natural increase (pertumbuhan alamiah). Selisih antara in-migration dan out-migration disebut net-migration atau migrasi neto. Jadi pertumbuhan penduduk hanya dipengaruhi oleh 2 cara yaitu: melalui perubahan reproduksi dan migrasi neto.
Pertumbuhan penduduk tersebut dapat dinyatakan dengan formula sebagai berikut:

Pt = Po + (B - D) + (Mi - Mo)

dimana :          Po :      adalah jumlah penduduk pada waktu terdahulu (tahun
dasar).
Pt :       adalah jumlah penduduk pada waktu sesudahnya.
B :       adalah kelahiran yang terjadi pada jangka waktu antara
kedua kejadian tersebut.
D :       adalah jumlah kematian yang terjadi pada jangka waktu
antara kedua kejadian tersebut.
Mo :     migrasi keluar pada jangka waktu antara kedua kejadian.
Mi :      migrasi masuk pada jangka waktu antara kedua kejadian.

Apabila proses pertumbuhan penduduk beserta komponen­komponennya digambarkan dalam suatu model maka akan berbentuk demikian:
Dari model ini maka dapat dilihat secara jelas bagaimana pengaruh masing-masing komponen demografi terhadap pertumbuhan penduduk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Sapaan dalam Bahasa Banjar

Pendekatan Keruangan (Spatial Approach)

Bahasa Banjar