(masih) Biogeografi

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mempelajari biogeografi 

  1. Jarak tidak menentukan derajat hubungan kekerabatan biogeografik di antara dua wilayah agihan. Daerah yang jauh terpisah dapat bersama-sama didiami banyak golongan tumbuhan yang mirip pada tingkat genera atau tingkat suku, walaupun mengingat semua itu sangat erat hubungan kekerabatannya tetapi dapat menunjukkan perbedaan tanda-tanda sesuai pola yang menyimpang dari biasanya.
  2. Iklim mempunyai pengaruh kuat pada kesamaan taksonomik dua wilayah, tetapi kekerabatannya tidak selalu linier.
  3. Syarat-syarat untuk dapat menentukan pola biogeografi dengan baik tergantung pada pengetahuan yang mendalam dari semua distribusi organisme di seluruh dunia, suatu klasifikasi organisme yang benar dan alami, menerima teori evolusi, pengetahuan yang mendalam tentang bentuk-bentuk yang sudah punah, pengetahuan lantai lautan dan stratigrafi untuk merekontruksi hubungan sejarah geologis di antara massa daratan.
  4. Penemuan fosil adalah bukti-bukti positif untuk menjelaskan migrasi organisme masa lampau.
  5. Biota yang terdistribusi seperti keadaan masa ini sangat dipengaruhi kuat oleh urutan kejadian geologis dan iklim terakhir.
  6. Kompetisi, predasi dan faktor biotik lainnya memainkan peranan menentukan agihan (distribusi), dispersal, dan punahnya hewan dan tumbuhan. 
  7. Kisaran diskontinyu dapat terjadi akibat musnahnya daerah antara (intermediate) atau kelompok daerah bagian habitat.
  8. Spesiasi dapat terjadi akibat isolasi geografik dari populasi, yang kemudian menjadi teradaptasi pada iklim dan habitat lokal
  9. Disjungsi genera terjadi berabad-abad lebih dulu daripada suatu single spesies dan begitu pula untuk kategori taksonomik yang lebih tinggi.  
  10. Beberapa golongan mempunyai suatu kapasitas lebih besar untuk menyeberang lautan pemisah itu daripada yang lain.
  11. Bukti yang ada tentang hubungan daratan pada masa lampau menunjukkan bahwa distribusi organisme tidak teradaptasi untuk dispersal jarak jauh.
  12. Binatang yang terisolasi pada masa daratan dapat memberikan kehidupan dan diversitas tanpa tipe predasi dan kompetisi normal.
  13. Apabila dua massa daratan besar yang lama terpisah bersatu, kepunahan dapat terjadi karena banyak organisme akan berkompetisi dengan kompetitor baru. 
  14. Intensitas proses-proses yang terjadi pada massa sekarang mungkin tidak sama dengan yang terjadi di masa lampau.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Sapaan dalam Bahasa Banjar

Pendekatan Keruangan (Spatial Approach)

Bahasa Banjar