Pengertian Demografi




  1. Dari bahasa Yunani : demos = rakyat; graphoo = penulisan
Ilmu yang menuliskan proses perubahan penduduk suatu Negara atau wilayah dalam suatu jangka waktu tertentu berdasarkan analisa statistic dari angka – angka kelahiran, kematian, perpindahan serta mobilitas penduduk lainnya.
  1. Ilmu yg mempelajari tentang besar, komposisi, distribusi, dan perubahan penduduk. [Donald J. Bogue, 1885]
  2. Ilmu yg mempelajari jumlah, sebaran teritorial, dan komposisi penduduk; serta perubahan penduduk karena fertilitas, mortalitas, migrasi, dan mobilitas social.
    [ Philip M. Hauser dan Duddley Duncan].
  3. Ilmu yg mempelajari struktur dan proses penduduk di suatu wilayah.
  4. Ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dan kehidupan sosialnya.
  5. Demografi adalah ilmu yg mendalami masalah kependudukan, yaitu yg berkenaan dgn susunan, jumlah dan perkembangan penduduk, atau lebih singkatnya, dinamika penduduk. Orang yg mempelajari demografi biasanya akan bekerja di badan statistik yg menghitung jumlah penduduk, tingkat kelahiran penduduk, dan tingkat kematian penduduk dalam suatu lingkup daerah/negara.
  6. demografi adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang kependudukan.
  7. Demografi adalah ilmu yang mempelajari susunan, jumlah, dan perkembangan penduduk.
  8. Demografi adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia. Meliputi di dalamnya ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan. Analisis kependudukan dapat merujuk masyarakat secara keseluruhan atau kelompok tertentu yang didasarkan kriteria seperti pendidikan, kewarganegaraan, agama, atau etnisitas tertentu.
  9. Ilmu yg mempelajari tentang penyusuaian penduduk dan letak tempat wilayah penduduk di suatu daerah.
  10. Demografi adalah salah satu disiplin ilmu. Bidang kajiannya adalah struktur (susunan) populasi manusia atau kependudukan di lingkup wilayah tertentu dan dalam periode tertentu pula. Studi demografi akan mengkaji sebab dan akibat perubahan struktur kependudukan termasuk peningkatan atau pengurangan jumlah penduduk yang disebabkan tingkat kelahiran, tingkat kematian, dan proses perpindahan (migrasi) penduduk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Sapaan dalam Bahasa Banjar

Pendekatan Keruangan (Spatial Approach)

Bahasa Banjar