Madihin
Banyak
pendapat mengenai asal mula madihin. Ada yang mengatakan berasal dari Kecamatan
Angkinan yaitu di kampung Tawia, Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan.
Pendapat ini berpijak pada bahwa Pamadihinan banyak tersebar di pelosok
Kalimantan Selatan berasal dari kampung Tawia bernama Dulah Nyangnyang. Ada
juga yang berpendapat madihin berasal dari Paringin, sebab dahulu Dulah
Nyanyang lama bermukim disana dan ingin mengembangkan
madihin di sana.
Tetapi
ada juga yang berpendapat madihin berasal dari utara Kalimantan yang berbatasan
dengan negara Malaysia ( Malaka ), sebab madihin banyak dipengaruhi oleh syair
melayu dan gendang tradisional semenanjung Malaka. Tarbang ( gendang ) yang
dipakai bamadihin ada persamaan dengan gendang yang dipakai oleh orang – orang
Malaka dalam mengiringi syair atau pantun melayu.
Apa pun pendapat ini. Namun yang
jelas bahwa madihin menggunakan bahasa Banjar, Pamadihinannya etnik Banjar.
Madihin adalah kesenian tradisional Banjar yang khas Banjar yang tidak ada pada
etnik lain di Nusantara.
Madihin sudah ada diperkirakan
tahun 1.800 yaitu setelah Islam masuk dan berkembang di Kalimantan. Lahirnya
madihin banyak dipengaruhi oleh kesenian Islam yaitu kasidah dan syair – syair
bercerita yang dibaca oleh masyarakat Banjar.
Madihin
pada umumnya dipergelarkan pada malam hari, tetapi sekarang pada siang hari.
Durasi pagelaran sekitar 1 sampai 2 jam sesuai permintaan penyelenggara.
Pagelaran madihin umumnya di lapangan terbuka yang dapat menampung penonton
yang banyak. Panggung yang diperlukan ukuran 4 x 3 meter. Ada juga di halaman
rumah, di muka kantor atau balai. Sekarang sering pula dipergelarkan di dalam
gedung.
Membawakan madihin ada yang hanya
satu Pamadihinan yakni pemain tunggal. Pemain tunggal ini membawakan syair dan
pantunnya harus pandai membawa timber atau warna suara yang agak berbeda
seperti orator. Ia harus pandai menarik perhatian penonton dengan humor segar
tetapi sesuai dengan batas etika. Ia harus benar – benar sanggup dengan memukau
dengan irama dinamis pukulan terbangnya. Tetapi umumnya dibawakan 2
Pamadihinan, malah sampai 4 Pamadihinan. Jika 2 Pamadihinan berduet maka pemain
ini biasanya beradu atau saling bertanyajawab, saling sindir, saling kalah
mengalahkan melalui syair yang dibawakan. Aturannya adalah Pamadihinan yang
satu membuka hadiyan, kemudian disambut oleh Pamadihinan yang kedua, dan
seterusnya saling bersahutan. Andaikan ada 4 Pamadihinan maka terbagi dua
kelompok, masing – masing 2 Pamadihinan., penampilannya seperti halnya yang dua
Pamadihinan, tapi kelompok yang satu bisa membantu anggota kelompoknya melawan
kelompok yang dihadapinya. Biasanya kelompok ini berpasangan pria dan wanita
yaitu duel meet. Duel ini merupakan beradu kaharatan ( kehebatan ). Dalam duel
ini, kelompok 1 memberi umpan dengan syair tertentu. Kelompok 2 harus dapat
mengulangi atau menjawab, selanjutnya harus memberi umpan balik, yang harus
diulang oleh kelompok I. Mereka saling bertanya jawab, saling menyindir, saling
kalah mengalahkan. Demikian seterusnya. Ada pun kelompok yang kalah apabila
tidak bisa atau tidak dapat mengulang atau menjawab kelompok lawannya. Kelompok
yang kalah akan mengangkat bendera putih.
Pamadihinan duduk di kursi dengan memakai baju Banjar yaitu
taluk balanga dan memakai kopiah serta sarung. Tetapi sekarang sudah berpakaian
bebas dan sopan, kecuali pada acara – acara penting, misalnya menghibur tamu
pejabat atau menghibur acara pisah sambur pejabat, dan lain – lain.
Secara
professional seseorang dapat menjadi pemadihinan jika memenuhi 6 syarat sebagai
berikut :
- Terampil dalam hal mengolah kata sesuai dengan tuntutan struktur bentuk fisik madihin yang sudah dibakukan.
- Terampil dalam hal mengolah tema madihin yang dituturkannya.
- Terampil dalam hal olah vocal ketika menuturkan madihin secara hafalan (tanpa teks ) di depan penonton
- Terampil dalam hal mengolah lagu ketika menuturkan madihin.
- Terampil dalam hal menabuh gendang madihin.
- Terampil dalam hal mengatur keserasian penampilan.
Madihin umumnya berfungsi :
- Dahulunya menghibur raja atau pejabat istana. Syair yang dibawakan bersifat pujian.
- Sebagai hiburan masyarakat acara tertentu, misalnya hiburan habis panen, memeriahkan pengantin, peringatan hari besar nasional dan daerah.
- Sebagai nadar atau hajat misalnya bagi orang tua yang anaknya baru sembuh dari sakit, upacara meayun anak yaitu upacara daur hidup etnik Banjar dan juga pada acara sunatan (kitanan).
- Sebagai media informasi, penyampaian pesan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah misalnya keluarga berencana, Pertanian, pendidikan, kesehatan, pemeliharaan nilai dan moral, wahana memperkokoh persatuan kesatuan , dan lain-lain.
Struktur pergelaran sudah baku, yaitu terdiri atas
:
- Pembukaan
Yaitu melagukan sampiran sebuah
pantun yang diawali dengan pukulan tarbang yang disebur pukulan pembuka.
Pembuka ini merupakan informasi tema yang akan dibawakan.
Contoh
:
Ilahi
…..
lah riang … lah riangt riut
punduk …. Di hutan
riang riut punduk di hutan …
kaguguran ….
kaguguran buah timbatu ….
- Batabi (Penghormatan)
Yaitu syairnya atau pantun yang
isinya penghormatan pada penonton, pengantar, ucapan terima kasih, dan
permohonan maaf dan ampun jika ada terdapat kesasahan atau kekeliruan dalam
pergelaran.
Contoh
:
maaf ampun
hadirin barataan,,,,,
baik nang di
kiri atawa di kanan,,,,,
baik di balakang
atawa di hadapan,,,,,
baik lai – laki
atawa parampuan,,,,,
baik urang tuha
atawa kakanakan,,,,,
baik nang badiri
atawa nang dudukab,,,,,
ulun madihin
sahibar bacucubaan,,,,,
tarima kasih
ulun sampaiakan,,,,,
kapada panitia
mambari kasampatan,,,,,
kalu tasalah
harap dimaafakan,,,,,
tapi kalu rami
baampik barataan,,,,,
- Mamacah bunga ( isi )
Yaitu menyampaikan syair atau
pantun sesuai dengan isi tema yang dibawakan.
Contoh
:
baampik ….
barataan,,,,,
babulik
kaawal papantunan,,,,,
handak
dipacah makna sasampiran,,,,,
supaya
panuntun nyaman mandangarakan,,,,,
riang riut
punduk di hutan,,,,,
kaguguran
kanapa buah timbatu,,,,,
irang irut
muntung kuitan,,,,,
mamadahi
kaina anak minantu,,,,,
minantu
mayah ini lain banar bahari,,,,,
guring
malandau lacit katangah hari,,,,,
kada
bamasak sabigi nasi,,,,,
dipadahi
mintuha kada maasi,,,,,
kalu malam
tulak pamainan,,,,,
padahal pamainan
dilarang tuhan,,,,,
urang
macamitu bungul babanaran,,,,,
bisa –
bisa mati karabahan jambatan,,,,,
- Penutup
Yaitu kesimpulan dari apa yang
baru disampaikan, sambil menghormati penonton, dan mohon famit, serta ditutup
dengan berupa pantun – pantun.
Contoh
:
tarima kasih
ulun sampaiakan
kadapa
hadirin sabarataan
mudahan
sampian kalu ingat kaganangan
kapada
diri ulun pamadihinan
ulun
madihin sahibar mamadahakan
handak
manurut tasarah pian barataan
sampai di
sini dahulu sakian
mohon
pamit ulun handak batahan
rama –
rama batali banang
kutaliakan
sama –
sama kita mangganang
mudahan
kita batamuan pulang
ilahi ….
sadang
bataha, sadang barhanti …
Nilai-nilai kesenian madihin bagi orang
Banjar, antara lain :
- Pendidikan. Nilai ini tampak jelas dari nasehat yang terkandung dalam syair dan pantun yang dilantunkan. Nasehat itubiasanya adalah berupa cara berbakti kepada orang tua, taat kepada aturan agama, hidup bersih, hidup bermasyarakat yang baik dan sebagainya. Dalam konteks ini, bamadihin mengandung nilai pendidikan agama, seni dan budi pekerti.
- Kebersamaan. Nilai ini tampak dari interksi social para penontonyang menyaksikan pagelaran madihin, para penonton dapat tertawa bersama dan menikmati pagelaran bersama. Dalam kondisi ini, rasa kebersamaan masyarakat banjar semakin erat, karena mereka direkatkan oleh kebudayaan rakyat. Apalagi tema yang disampaikan dalam bamadihin berupa kerukunan hidup masyarakat, tentu hal ini akan menambah rasa kebersamaan penonton.
- Pelestarian Budaya. Mementaskan bamadihin merupakan bentuk nyata untuk melestarikan kebudayaan tradisional. Dengan pementasan ini,pada masyarakat akan tumbuh rasa memiliki terhadap kesenian bamadihin. Saat ini, kiranya bamadihin memerlukan perhatian dari semua pihak karena hamper punah. Nilai pelestarian budaya juga Nampak dari pakaian yang dipakai oleh pamadihin dan bahasa banjar yang digunakan. Dengan menggelar bamadihin maka pakaian adat Banjar dan bahasa Banjar akan terjaga dengan baik.
- Pelestarian Sastra Lokal. Nilai ini tampak dari syair dan pantun yang dilantunkan. Syair dan pantun dalam bamadihin menggunakan bahasa Banjar dan tema-tema local. Dalam konteks untuk melestarikan sastra local dan pelakunya, maka pergelaran bamadihin perlu terus dikembangkan.
Komentar
Posting Komentar