Madihin

Banyak pendapat mengenai asal mula madihin. Ada yang mengatakan berasal dari Kecamatan Angkinan yaitu di kampung Tawia, Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan. Pendapat ini berpijak pada bahwa Pamadihinan banyak tersebar di pelosok Kalimantan Selatan berasal dari kampung Tawia bernama Dulah Nyangnyang. Ada juga yang berpendapat madihin berasal dari Paringin, sebab dahulu Dulah Nyanyang lama bermukim disana dan  ingin mengembangkan madihin di sana.

Tetapi ada juga yang berpendapat madihin berasal dari utara Kalimantan yang berbatasan dengan negara Malaysia ( Malaka ), sebab madihin banyak dipengaruhi oleh syair melayu dan gendang tradisional semenanjung Malaka. Tarbang ( gendang ) yang dipakai bamadihin ada persamaan dengan gendang yang dipakai oleh orang – orang Malaka dalam mengiringi syair atau pantun melayu.

Apa pun pendapat ini. Namun yang jelas bahwa madihin menggunakan bahasa Banjar, Pamadihinannya etnik Banjar. Madihin adalah kesenian tradisional Banjar yang khas Banjar yang tidak ada pada etnik lain di Nusantara.

Madihin sudah ada diperkirakan tahun 1.800 yaitu setelah Islam masuk dan berkembang di Kalimantan. Lahirnya madihin banyak dipengaruhi oleh kesenian Islam yaitu kasidah dan syair – syair bercerita yang dibaca oleh masyarakat Banjar.


Madihin pada umumnya dipergelarkan pada malam hari, tetapi sekarang pada siang hari. Durasi pagelaran sekitar 1 sampai 2 jam sesuai permintaan penyelenggara. Pagelaran madihin umumnya di lapangan terbuka yang dapat menampung penonton yang banyak. Panggung yang diperlukan ukuran 4 x 3 meter. Ada juga di halaman rumah, di muka kantor atau balai. Sekarang sering pula dipergelarkan di dalam gedung.

Membawakan madihin ada yang hanya satu Pamadihinan yakni pemain tunggal. Pemain tunggal ini membawakan syair dan pantunnya harus pandai membawa timber atau warna suara yang agak berbeda seperti orator. Ia harus pandai menarik perhatian penonton dengan humor segar tetapi sesuai dengan batas etika. Ia harus benar – benar sanggup dengan memukau dengan irama dinamis pukulan terbangnya. Tetapi umumnya dibawakan 2 Pamadihinan, malah sampai 4 Pamadihinan. Jika 2 Pamadihinan berduet maka pemain ini biasanya beradu atau saling bertanyajawab, saling sindir, saling kalah mengalahkan melalui syair yang dibawakan. Aturannya adalah Pamadihinan yang satu membuka hadiyan, kemudian disambut oleh Pamadihinan yang kedua, dan seterusnya saling bersahutan. Andaikan ada 4 Pamadihinan maka terbagi dua kelompok, masing – masing 2 Pamadihinan., penampilannya seperti halnya yang dua Pamadihinan, tapi kelompok yang satu bisa membantu anggota kelompoknya melawan kelompok yang dihadapinya. Biasanya kelompok ini berpasangan pria dan wanita yaitu duel meet. Duel ini merupakan beradu kaharatan ( kehebatan ). Dalam duel ini, kelompok 1 memberi umpan dengan syair tertentu. Kelompok 2 harus dapat mengulangi atau menjawab, selanjutnya harus memberi umpan balik, yang harus diulang oleh kelompok I. Mereka saling bertanya jawab, saling menyindir, saling kalah mengalahkan. Demikian seterusnya. Ada pun kelompok yang kalah apabila tidak bisa atau tidak dapat mengulang atau menjawab kelompok lawannya. Kelompok yang kalah akan mengangkat bendera putih.


Pamadihinan duduk di kursi dengan memakai baju Banjar yaitu taluk balanga dan memakai kopiah serta sarung. Tetapi sekarang sudah berpakaian bebas dan sopan, kecuali pada acara – acara penting, misalnya menghibur tamu pejabat atau menghibur acara pisah sambur pejabat, dan lain – lain.

Secara professional seseorang dapat menjadi pemadihinan jika memenuhi 6 syarat sebagai berikut :
  • Terampil dalam hal mengolah kata sesuai dengan tuntutan struktur bentuk fisik madihin yang sudah dibakukan.
  • Terampil dalam hal mengolah tema madihin yang dituturkannya.
  • Terampil dalam hal olah vocal ketika menuturkan madihin secara hafalan (tanpa teks ) di depan penonton
  • Terampil dalam hal mengolah lagu ketika menuturkan madihin.
  • Terampil dalam hal menabuh gendang madihin.
  • Terampil dalam hal mengatur keserasian penampilan.

Madihin umumnya berfungsi :
  • Dahulunya menghibur raja atau pejabat istana. Syair yang dibawakan bersifat pujian.
  • Sebagai hiburan masyarakat acara tertentu, misalnya hiburan habis panen, memeriahkan pengantin, peringatan hari besar nasional dan daerah.
  • Sebagai nadar atau hajat misalnya bagi orang tua yang anaknya baru sembuh dari sakit, upacara meayun anak yaitu upacara daur hidup etnik Banjar dan juga pada acara sunatan (kitanan).
  • Sebagai media informasi, penyampaian pesan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah misalnya keluarga berencana, Pertanian, pendidikan, kesehatan, pemeliharaan nilai dan moral, wahana memperkokoh persatuan kesatuan , dan lain-lain.

Struktur pergelaran sudah baku, yaitu terdiri atas :
  • Pembukaan
Yaitu melagukan sampiran sebuah pantun yang diawali dengan pukulan tarbang yang disebur pukulan pembuka. Pembuka ini merupakan informasi tema yang akan dibawakan.
            Contoh :
                Ilahi ….. 
lah riang … lah riangt riut
            punduk …. Di hutan
            riang riut punduk di hutan …
            kaguguran ….
            kaguguran buah timbatu ….
  • Batabi (Penghormatan)
Yaitu syairnya atau pantun yang isinya penghormatan pada penonton, pengantar, ucapan terima kasih, dan permohonan maaf dan ampun jika ada terdapat kesasahan atau kekeliruan dalam pergelaran.
            Contoh :
 maaf ampun hadirin barataan,,,,,
baik nang di kiri atawa di kanan,,,,,
baik di balakang atawa di hadapan,,,,,
baik lai – laki atawa parampuan,,,,,
baik urang tuha atawa kakanakan,,,,,
baik nang badiri atawa nang dudukab,,,,,
ulun madihin sahibar bacucubaan,,,,,
tarima kasih ulun sampaiakan,,,,,
kapada panitia mambari kasampatan,,,,,
kalu tasalah harap dimaafakan,,,,,
tapi kalu rami baampik barataan,,,,,
  • Mamacah bunga ( isi )
Yaitu menyampaikan syair atau pantun sesuai dengan isi tema yang dibawakan.
            Contoh :
 baampik …. barataan,,,,,
 babulik kaawal papantunan,,,,,
 handak dipacah makna sasampiran,,,,,
 supaya panuntun nyaman mandangarakan,,,,,
 riang riut punduk di hutan,,,,,
 kaguguran kanapa buah timbatu,,,,,
 irang irut muntung kuitan,,,,,
 mamadahi kaina anak minantu,,,,,
 minantu mayah ini lain banar bahari,,,,,
 guring malandau lacit katangah hari,,,,,
 kada bamasak sabigi nasi,,,,,
 dipadahi mintuha kada maasi,,,,,
 kalu malam tulak pamainan,,,,,
 padahal pamainan dilarang tuhan,,,,,
 urang macamitu bungul babanaran,,,,,
 bisa – bisa mati karabahan jambatan,,,,,
  • Penutup
Yaitu kesimpulan dari apa yang baru disampaikan, sambil menghormati penonton, dan mohon famit, serta ditutup dengan berupa pantun – pantun.
            Contoh :
 tarima kasih ulun sampaiakan
 kadapa hadirin sabarataan
 mudahan sampian kalu ingat kaganangan
 kapada diri ulun pamadihinan
 ulun madihin sahibar mamadahakan
 handak manurut tasarah pian barataan
 sampai di sini dahulu sakian
 mohon pamit ulun handak batahan
 rama – rama batali banang
 kutaliakan
 sama – sama kita mangganang
 mudahan kita batamuan pulang
 ilahi ….
 sadang bataha, sadang barhanti …
 
Nilai-nilai kesenian madihin bagi orang Banjar, antara lain :
  • Pendidikan. Nilai ini tampak jelas dari nasehat yang terkandung dalam syair dan pantun yang dilantunkan. Nasehat itubiasanya adalah berupa cara berbakti kepada orang tua, taat kepada aturan agama, hidup bersih, hidup bermasyarakat yang baik dan sebagainya. Dalam konteks ini, bamadihin  mengandung nilai pendidikan agama, seni dan budi pekerti.
  • Kebersamaan. Nilai ini tampak dari interksi social para penontonyang menyaksikan pagelaran madihin, para penonton dapat tertawa bersama dan menikmati pagelaran bersama. Dalam kondisi ini, rasa kebersamaan masyarakat banjar semakin erat, karena mereka direkatkan oleh kebudayaan rakyat. Apalagi tema yang disampaikan dalam bamadihin berupa kerukunan hidup masyarakat, tentu hal ini akan menambah rasa kebersamaan penonton.
  • Pelestarian Budaya. Mementaskan bamadihin merupakan bentuk nyata untuk melestarikan kebudayaan tradisional. Dengan pementasan ini,pada masyarakat akan tumbuh rasa memiliki terhadap kesenian bamadihin. Saat ini, kiranya bamadihin memerlukan perhatian dari semua pihak karena hamper punah. Nilai pelestarian budaya juga Nampak dari pakaian yang dipakai oleh pamadihin dan bahasa banjar yang digunakan. Dengan menggelar bamadihin maka pakaian adat Banjar dan bahasa Banjar akan terjaga dengan baik.
  • Pelestarian Sastra Lokal. Nilai ini tampak dari syair dan pantun yang dilantunkan. Syair dan pantun dalam bamadihin menggunakan bahasa Banjar dan tema-tema local. Dalam konteks untuk melestarikan sastra local dan pelakunya, maka pergelaran bamadihin perlu terus dikembangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Sapaan dalam Bahasa Banjar

Pendekatan Keruangan (Spatial Approach)

Bahasa Banjar