Lintang Kuda

Lintang kuda adalah istilah yang digunakan untuk menyebut daerah subtropical high yaitu daerah diantara 30-35 derajat lintang utara dan selatan. Pada daerah ini terjadi tekanan udara yang tinggi diakibatkan oleh subsidensi sel hadley dan bisa menyebabkan angin bertiup pelan.

Berdasarkan versi yang sangat dikenal, penamaan itu dilakukan para pelaut yang terjebak ditengah samudera, karena tidak berhembus angin yang cukup kuat sehingga kapal mereka tidak bisa melanjutkan pelayaran. Untuk menghemat makanan dan air, mereka melemparkan kuda-kuda dan ternak kedalam lautan. (lihat wikipedia).

Versi lain mengatakan mereka melemparkan kuda-kuda kelautan agar bisa meringankan beban kapal sehingga bisa bergerak dengan hembusan angin yang lebih lemah.

Teori lain menyatakan horse latitudes (lintang kuda) berasal dari bahasa Spanyol “El Golfo de las Yeguas” yang berarti lautan kuda yang digunakan untuk menyebut rute pelayaran antara Spanyol dan Kepulauan Kenari. Dinamakan demikian karena sifat lautan yang tidak bisa ditebak (Seolah seperti kuda betina, atau karena kuda-kuda hamil yang diangkut ke Kepulauan Kenari memiliki tingkat kematian yang tinggi sehingga dibuang ke lautan.

El Golfo de las Yeguas

source :: http://miftahulmunir.wordpress.com/2009/04/27/mengapa-diberi-nama-lintang-kuda/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Sapaan dalam Bahasa Banjar

Pendekatan Keruangan (Spatial Approach)

Bahasa Banjar